sjcom bojonegoro
 

Setiap bisnis punya kunci sukses. Begitu juga dengan bisnis online, punya rumus untuk mencapai kesuksesan. Rumus Bisnis online agar sukses apapun macam bisnisnya sebetulnya sama. Yakni:

TRAFFIC + KONVERSI = MONEY
Traffic berarti banyaknya pengunjung yang datang ke website Anda. Sedangkan konversi berarti persentase transaksi, atau penjualan atau iklan atau submit atau apapun macam bisnis online yang berhasil Anda dapat dari pengunjung. Sedangan ‘Money’ adalah pendapatan alias uang.
Sekarang kita bahas ketiga kata tersebut.

TRAFFIC WEBSITE BISNIS ONLINE
Traffic yang menghasilkan tentunya adalah traffic yang benar-benar berasal dari manusia nyata, bukan robot atau script traffic yang menciptakan seolah olah website kita dilihat oleh pengunjung tapi sebetulnya tidak ada yang datang (scam traffic alias trafik menipu).
Secara garis besar ada tiga macam cara mendapatkan traffic :

1. Traffic gratis (free traffic)
Traffic adalah hal yang biasa diburu oleh pebisnis online. Tanpa traffic, website tidak bakal jadi uang. Contohnya, dengan  menerapkan SEO, traffic facebook dari fanpage atau group, traffic youtube, traffic twitter, viral traffic dan lain-lain. Sebetulnya, jika kita sungguh-sungguh, kita  bisa membuat 14 celah traffic gratis dari yang arusnya kecil sampai yang gede banget. Dari yang tak tertarget sampai yang tertarget.  Traffic gratis yang paling populer adalah SEO karena traffic dari SEO alias search engine merupakan traffic terbesar selama ini dan pengunjung yang datang sangat tertarget dan bisa dikonversi menjadi uang.

2. Traffic berbayar (paid traffic)
Cara ini berarti kita membayar layanan penghasil traffic untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. Contoh traffik berbayar adalah iklan facebook, iklan adwords, iklan gmail, crowd, fiverr, sewa banner ads di populer blog, sewa iklan teks. Yang paling populer adalah iklan adword dan iklan facebook karena iklan adwords akan meuncul sesuai dengan teks website publisher, apalagi kalau kita sewa iklan adword untuk hasil pencarian maka konversinya lebih besar lagi.
3. Meminjam traffic (traffic Borrowed)
Meminjam traffic berarti kita memanfaatkan traffic website lain untuk memasarkan produk kita. Contoh teknik ini adalah program affiliate, JV, atau saling bertukar list email.

KONVERSI WEBSITE BISNIS
Traffic bukanlah akhir dari mencari uang di internet. Masih ada satu tugas lagi, yaitu mengkonversi traffic yang datang menjadi uang -sesuai program monetize website Anda. Jika traffic  yang datang tidak menghasilkan uang bagi Anda, sama artinya Anda kehilangan uang. Normalnya konversi website sekitar 2% – 5%. Hal ini karena dari pengguna internet hanya segitu aja yang berani bayar online. apalagi di indonesia mungkin masih sangat sedikit orang yang berani belanja online. Kalau pasar Amerika atau Eropa bisa aja konversi Anda ditingkatkan sampai 10%.
Konversi suatu website tergantung dengan program uang yang Anda terapkan. Namun secara umum konversi ternyata sangat berhubungan dengan kualitas konten website Anda. Semakin bagus, original, dan persuasif atau kadang menghipnotis, maka akan besar pula kemungkinan orang mau melakukan kegiatan ekonomi dari website Anda.
Selain itu, design website juga mempengaruhi kepercayaan pengunjung website untuk bertransaksi. Kalau jualan online, sebaiknya tingkatkan dulu konversi website Anda, baru cari traffic sebanyak-banyaknya.
Kalau soal adsense konversi website ditentukan pula oleh letak iklan, palet iklat, warna iklan, dan besar kecilnya ukuran iklan. Sebaiknya kalau untuk website iklan seperti adsense, konsentrasi dulu pada mendatangkan traffic baru kemudian tingkatkan konversi Anda.

MONEY
Money alias me-monetize-kan website ada banyak yang bisa Anda coba. Cara menguangkan website Anda anatara lain :
1. pasang iklan adsense, iklan banner, iklan text dan lain-lain.
2. menawarkan produk affiliasi
3. jual produk sendiri
4. menawarkan jasa atau keahlian via website
Kalau Anda pandai mendatangkan traffic, maka fokuslah pada cara nomor 1. Tapi kalau Anda pandai menawarkan barang alias jago marketing, maka Anda sebaiknya mencoba program nomor 2 – 4.


Rating: 4.5

Posting Komentar

  1. Nice share :)

    Tampilan website memang sangat mempengaruhi sebuah kepercayaan. Saya juga pernah memposting hal ini di blog saya Cara Mendapatkan Sebuah Kepercayaan

    Salam kenal ^^

    BalasHapus
  2. Posting yang bagus. Saya setuju, untuk sukses di bisnis online ketiga hal di atas memang saling berhubungan dan mutlak harus dikuasai.

    BalasHapus

 
Top