sjcom bojonegoro
 

Berbagai Potensi Lokal di Bojonegoro - Ketika otonomi daerah diberlakukan maka setiap daerah memiliki hak dan motivasi yang besar untuk mengembangkan daerah mereka masing masing,tak terkecuali bagi Kota Bojonegoro. Berbagai aset dan potensi yang dimiliki wilayah ini rasanya telah cukup sebagai bekal untuk menyandang predikat sebagai kota yang mandiri. Berbagai aset pertanian yang dikelola dengan baik telah mulai dikenal sebagai potensi dan ciri khas kota Bojonegoro. Iklim pertanian di kota ini memang sangat diperhatikan dengan cukup serius melihat perkembangan dan aspek kedepannya sangat menggairahkan. Prospek pengembangan tembakau yang telah memiliki kepopuleran di dunia internasional merupakan satu wujud perhatian pemerintah daerah setempat dalam mengelola sektor pertanian khususnya tembakau.

tembakau bojonegoro
Masyarakat Bojonegoro sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini.

Ini merupakan sebuah peluang dan potensi besar bagi kota Bojonegoro untuk semakin dikenal sebagai daerah penghasil tembakau yang berkualitas.

Kita juga melihat aset lain dari sektor pertanian seperti buah Belimbing dan salak yang telah cukup dikenal hingga luar daerah.
salak bojonegorobelimbing bojonegoro

Bila ini terus dikelola secara baik maka pada tahun tahun mendatang kota Bojonegoro dapat menjadi kiblat pertanian di Indonesia. Cuaca memang menjadi satu nilai lebih bagi Bojonegoro untuk mengembangkan asetnya pada sektor pertanian.

Bojonegoro juga memiliki aset wisata alam yang cukup menarik seperti halnya Pemandian Tirtawana Dander dan juga Kayangan Api.

Gallery Kayangan Api & Tirtawana Dander :

kayangan api bojonegoro
kayangan api
kayangan api bojonegoro
kayangan api bojonegoro
kayangan api bojonegoro
kayangan api bojonegoro
kayangan api bojonegoro
kayangan api bojonegoro
tirtawana dander tirtawarna dander
Kekayaan alam yang berlimpah ini perlu terus dikembangkan dalam hal perlengkapan sarana akomodasi dan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung kesana. Ini bisa menjadi potensi wisata yang mendatangkan keuntungan besar baik bagi pemerintah setempat maupun masyarakat sekitar. Aset wisata alam memang memerlukan sebuah pengelolaan yang cukup serius karena mungkin perlu kerjasama dari banyak pihak termasuk mengundang para investor agar mau menanamkan modal pada proyek wisata tersebut. Hal lain yang dinilai sebagai potensi besar yang patut dikelola adalah pengelolaan Waduk Pacal yang ada di kota ini.

Gallery Waduk Pacal Bojonegoro :

waduk pacal bojonegoro

waduk pacal bojonegoro

waduk pacal bojonegoro

waduk pacal bojonegoro

waduk pacal bojonegoro

Sebenarnya bila aset ini dapat ditampilkan secara baik dalam hal pengelolaannya maka Bojonegoro akan memiliki aset wisata air yang dapat dibanggakan. Kota Bojonegoro dapat belajar dan mencari referensi yang baik dari kota lain mengenai pengelolaan aset wisata air yang baik.

Potensi sumber daya alam yang dimiliki kota Bojonegoro tidak hanya terbatas pada satu jenis kekayaan alam saja karena berbagai unsur alam yang dimiliki daerah ini merupakan sebuah sumber potensi yang patut digali oleh pemerintah setempat maupun oleh masyarakat kota Bojonegoro. Bojonegoro memiliki hasil pertanian tembakau yang melimpah sehingga menjadi salah satu sektor andalan daerah ini, bukan tidak mungkin aset pertanian lainnya akan menyusul karena Bojonegoro telah mampu menata daerahnya menjadi salah satu produsen tembakau terbaik. Apalagi bila pengelolaan sumber minyak yang ada di Bojonegoro terus diseriusi maka bukan tidak mungkin Bojonegoro dapat menjadi sebuah kota yang kaya karena berbagai potensi bagus yang dimiliki kota ini.
minyak bojonegoro
Program otonomi daerah memang memiliki dampak yang cukup baik bagi kota Bojonegoro karena dengan demikian kota ini dapat mengelola daerahnya sendiri menjadi sebuah kota berkualitas dengan berbagai potensi yang dimiliki dan dapat memperoleh gelar kota mandiri yang berprestasi pada segala bidang.

Posting Komentar

  1. makasih gan, info nya bermanfaat banget buat tugas guwe

    BalasHapus
  2. Potensi Bojonegoro mungkin banyak , namun masyarakat sekitar masih belum memiliki banyak kesadaran untuk mulai membangun kota ini , mungkin dari hal hal yang kecil saja , dengan tidak membuang sampah sembarangan mungkin itu sedikit membantu untuk pembangunan kota Bojonegoro yang makmur

    BalasHapus
  3. wah banyak juga ya gan ,, bagus deh gan artikelnya :D

    BalasHapus
  4. Indah bener gan panorama di Bojonegoro, bisa menambah wawasan nasional kita. Sukses terus gan untuk Bojonegoro.

    BalasHapus
  5. banyak proyeknya yahh... hehehhe
    follow back yahh http://vickryshare.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. wah. jadi pengen main ke bojonegoro. pengen liat waduknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,
      main sini monggo mas..
      makasih dah mampir..

      Hapus
  7. kunjung balik dari trikblogger.net
    Nice share

    BalasHapus
  8. mantep reviewnya mas bro jadi pengen ke bjn lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih zaid komentnya..

      kalo ke bjn langsung jj ke situ..
      hahaha...

      Hapus
  9. gan...di bojonegoro ada air terjun dung gupit di desa kerondonan kec.gondang...di posting juga dong...gan..cz bagus sekali...tapi sayang sekali masyarakt bojonegoro kurang tahu,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di kasih tau alamatnya ndak?? biar saya ambil gambar dulu.. nanti baru saya posting sekalian...

      Hapus
  10. g sulit gan....tulis aja air terjun kerondonan dung gupit,,,kec.gondang dah lengkappoto plus alamat,,,trmksh.

    BalasHapus

 
Top