SEO Yang Kuat Untuk Kesuksesan Jangka Panjang
Mungkin pada artikel ini sejalan dengan maksud tema web ini,yaitu SEO Santai .Saya akan
mengulas konsep dari awal pembuatan sebuah website-blog dan hubungannya menyusun
konten yang tepat serta menerapkan strategi-SEO yang kuat untuk misi dan visi jangka
panjang dari web kita.
Supaya lebih santai di pahami yang saya maksud maka saya uraikan berikut ilustrasi
contoh kasus, yaitu saya akan membuat sebuah blog baru dengan data:
Nama domain :http://anak.com
Title :anak asli Indonesia
Description : Situs yang menyediakan berbagai informasi seputar anak indonesia
dari berbagai daerah beserta profile dan foto dan silahkan kontak kami jika ada yang
mencari seorang anak untuk di jadikan anak angkat .
Keyword: anak Indoensia,anak perawan,anak muda dan cantik,anak mencari orang tua,tempat
mencari anak,situs informasi buat anak
1- Langkah pertama di atas saya membuat harmonisasi nama domain, title,deskripsi, dan
keyword .karena spt yg sdh sering sy katakan memang yg begitu yg terbaik dan terkuat
untuk seo jangka panjang .Search Engine akan melakukan pelacakan bagian web kita di
mulai dari alamat url-title-deskripsi-keyword-konten .dan memang logika alur
pemrograman begitu kan? masa mesin pencari akan bisa mengenali isi posting kita tanpa
melewati nama url-title-deskripsi , begitu juga dalam membaca kode html konten kita cret
enjin ini akan memulai dari tag h1-h2-h3...seterusnya , tak mungkin dimulai dari tag h6
(tulisan dengan hruf yg kecil). Nama url adalah keyword pertama dari web kita, lalu
title...dst
2- Lalu langkah kedua adalah menetapkan keyword-kata kunci utama yang tetap ,dan jika
tidak memiliki informasi-pengalaman yang baik tentang keyword apa yang paling pas
dengan konten2 yg kelak akan adan kembangkan di web kita, maka gunakan alat bantu
seperti wordtracker.com atau menggunakan tool ranktracker download di sini ,carilah
keyword yang jumlahnya paling banyak dicari dan persaingannya tidak terlalu berat (boleh
jg yg persainngannya berat asal kita merasa cukup punya kemauan kuat-keras utk bersaing
dan memenangkannya) ,Menetapkan keyword utama ini sangat penting karena akan
menentukan kekuatan web kita di mesin pencari , contoh cara menerapkan keyword pada
konten di sini.
3- Mulai membuat konten .SEO adalah langkah terstruktur dengan tahapan-tahapan
proses, lakukan pembuatan konten pertama dengan semaksimal mungkin sebagai dasar
pengenalan isi web kita ke mesin pencari .Cara yg cukup mudah dan efektif adalah dengan
membuat 1-2 buah link pada konten pertama ini ke halaman wikipedia.org sesuai tema
web kita, dalam contoh ini, kita menggunakan tema menyediakan informasi seputar anak
dan perawan indonesia, maka sebgai contoh bisa mengambil link pada tema
http://id.wikipedia.org/wiki/anak dan http://id.wikipedia.org/wiki/Perawan . karena seperti
kita tau Wikipedia.org adalah sumber data penting yang sangat dipercaya oleh setiap
search engine, jadi untuk tahap awal memasang link ke wikipedia sesuai isi web yg mau
kita perkenalkan adalah sangat membantu web kita untuk di kenali search engine ,untuk
tahap awal ini jangan sekali-kali membuat link dengan web yg temanya tidak berhubungan
web-blog kita, ini bisa memperlambat dan mengacaukan proses.
4- Setelah membuat konten andalan-perdana pertama, lalu lakukan
pendaftaran/Submission ke search engine, minimal ke 3 mesin pencari terbesar
google,yahoo,msn .cara gampangnya gunakan saja mypagerank submission di bagian
bawah-footer blog saya ini, tinggal memasukan alamat url web kita-->GO ,
5- Daftarkan RSS ke web directory/blog directory ,seperti technorati,feedburner,blog
indonesia,kampungblog,blogcatalog,mybloglog, RSS ini sangat penting guna
mempermudah search engine melacak web kita terutama utk tahap awal , boleh mencari
RSS sebanyak mungkin yang bayar atau yg gratis .Dan pada tahap ini kita akan sambil
mulai menambah konten/artikel secara bertahap , dan setiap artikel/posting yg kita buat
usahakan selalu mengacu pada tema utama web kita(seputar perawan dan wanita dlm
contoh ini) berikut menerapkan keyword utama pada setiap konten.
6- Semua proses di atas dari awal membuat web sampai tahap ini menurut pengalaman
saya, web dan konten akan terlisting di search engine sekitar 2 minggu ,dan ranking kita di
search engine akan bergantung dari tingkat persaingan keyword dan kekuatan konten yg
kita buat, dan selanjutanya perlu waktu 2-3 bulan untuk benar2 kokoh memiliki peringkat
yg baik di mesin pencari ,dan untuk kategori blog usahakan minimal sudah memiliki 20
posting yg benar2 efektif/sejealan dengan tema web dan tentu orisinil bukan copy-paste.
Masalah Inbound link.
Banyak rekomendasi teknik SEO yg menganjurkan mendapatkan inbound link supaya
kekuatan-peringkat web kita semakin tinggi di search engine. Inbound link dalam artian
yang benar dan bermanfaat adalah link-link dari web lain yang memiliki konten yang
nyambung dengan konten kita dan lebih baik lagi web tersebut memiliki ranking yang baik
pula sperti PR yg tinggi.
Pendapat di atas memang benar, Tapi masalahnya untuk mendapat linkback apalagi dari
web yg punya rangking tinggi bukan hal mudah, dari pengalaman yg saya lihat malah
karena terobsesi dengan teori itu (inbound link) orang malah menghabiskan waktu untuk
berburu link secara ngacak dan konten yg harusnya menjadi fokus utama malah kurang di
prioritaskan. Dalam hal ini saya sendiri termasuk org yg tidak pernah mau berburu link tapi
lebih fokus pada membuat konten yang se-berkualitas mungkin sesuai aturan2 perseoan
pada bahasan di atas atau pada artikel2 saya sebelum ini, karena saya memang sudah
membuktikan bahwa dengan membuat konten-konten yang sebaik-seinformatif mungkin
menghasilkan kekuatan SEO yang tidak kalah(bahkan bisa lebih baik) dari mencari
inbound link sebanyak-banyaknya , dan sudah banyak juga yang membuktikan seperti cara
saya itu ,yaitu fokus pada content dan RSS secukupnya.
Rating: 4.5
Posting Komentar